Wednesday, September 25, 2013

100 dreams come true starts from ....here......

"The Journey of a thousand miles must begin with a Single step"
-Lao Tzu-

Setuju banget dengan pepatah kuno diatas, yang sejujurnya sampai saat ini sedang belajar kuhidupi.
Perjalanan panjang sekian mil pastilah dimulai dengan satu langkah awal.
Satu langkah yang mengubahkan.
Satu langkah yang cukup sulit untuk diciptakan.
Dimana godaan terbesarnya adalah penundaan.
Sama seperti hasrat menulis dan bikin blog yang udah lama timbul di hati, namun baru terealisasi tahun ini, karena aku selalu berpikir "besok aja deh mulainya, sekarang masih belum ngerti, besok aja tanya teman".
Begitulah berjalan berbulan-bulan sampai sebuah teguran muncul dan membuatku bergerak, "mau sampai kapan seperti ini? pasti akan molor terus kalau pola pikirku tetap sama"

Yup, the best time to start is NOW !!

At the moment i talk to myself, "i learn not to postpone anything more...."
Pelan tapi pasti, ak sedang belajar untuk berani mulai melangkah, tidak hanya menunggu orang lain yang bersuara barulah aku ikutan di belakangnya. Belajar berani mengusahakan perubahan, meski dengan resiko dipandang sebagai sebuah keanehan oleh mayoritas.
Percayalah saat kita mulai melangkah, barulah sesuatu mulai terjadi.

Hehe... jadi teringat dengan masa kuliah dulu, saat ada satu dosen meminta kami mahasiswa di kelasnya untuk menuliskan 100 impian dalam sebuah kertas. Karena beliau berkata bahwa kertas itu tidak akan dibaca olehnya, tanpa malu-malu kutulislah semua impianku. Yang simple, yang besar, yang tidak masuk akal, jangka panjang, jangka pendek, semuanya kutulis.
Dan salah satunya adalah.......
Ingin keliling dunia, Jepang, Paris, Florence, Singapore, Australia, dll.....
Tidak pernah kusangka tahun 2011 lalu, Tuhan ijinkan aku berlibur ke Thailand (ikutan tur sih) dan tahun ini malah lebih dahsyat lagi,, bukan lagi ikut tur tapi akhirnya bisa traveling ala backpacker ke Jogja-Singapore-Kuala Lumpur selama 6 hari.
wow... satu bukti lagi, bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan !!!
(1 Korintus 2:9 = Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul dalam hati kita, semua disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia)
What an awesome vacation !! Bersama travelmate yang seru dan solid, langsung ke 2 negara pula. Thanks Lord Jesus for this blessing !!
Di artikel ini aku pengen share sedikit tentang persiapan sebelum keberangkatan.
For all readers, enjoy it ... ^o^

Things to be prepared
1. Travelmate
Carilah rekan seperjalanan yang bisa sepakat dengan kita. Menurut pengalamanku sendiri dan sharing dari teman-teman lain, aspek yang satu ini sangat amat berdampak. Lain halnya kalau kita berencana untuk solo traveling, mungkin aspek ini bisa diabaikan.
Tapi untuk kalian yang masih pergi dalam grup (at least for two person), pertimbangkan dengan matang poin ini. Serius nih..... Coba bayangkan, misal dalam satu grup ada yang suka berhemat dan sebisa mungkin jalan kaki, tapi yang lain nggak kuat panas-panasan, tentu akan menyusahkan. Tidak harus kita semuanya sama, paling tidak secara prinsip sejak awal harus udah disepakati. Karena di tempat tujuan nanti ada banyak hal yang bisa terjadi, mungkin sesuatu yang diluar rencana dan membutuhkan perundingan, jika kita tidak seprinsip bisa-bisa malah bertengkar... hahahaha... liburan bukan bikin happy malah bikin break :D
*just joke*

2. Destination
Buat itinerary perjalanan dan tentukan tempat mana saja yang akan dikunjungi agar waktu tidak terbuang sia-sia dan efektif. Luangkan waktu untuk diskusi dengan travelmate dan menyusun rencana bersama.

3. Budgeting
Buat rincian perkiraan biaya, agar tidak sampai kekurangan uang disana, ataupun membawa berlebihan.
Tidak ada salahnya berhemat di beberapa bagian agar bisa bawa pulang oleh2 lebih banyak :p
Gift is not only talk about the price, but about remembering them when we far away..

4. Source information
Rajinlah mencari informasi.
Banyak sumber yang bisa memberikan info, misal dari internet maupun dari teman yang sudah pernah ke negara tersebut. Referensi hotel bisa didapat di agoda, tiket pesawat biasanya Air Asia, Tiger airways, Jetstar, dll..
Bila perlu gunakan social media seperti twitter and FB, follow official accountnya agar bisa tahu info terbaru tentang promonya. Trust me, it's work !!

This is mine......
      Untuk traveling ke Jogja-Singapore-Kuala Lumpur kemaren, aku dan ketiga temanku memulai perencanaan plus komitmen menabung sejak 6 bulan sebelumnya.. hahaha supaya benar-benar terlaksana komitmennya, dipilihlah satu orang sebagai bendahara yang tiap bulan berwenang menarik dana dari tiga orang lainnya. That's our trick :p
      Awalnya kami hanya berencana ke Singapore, namun setelah dapat info dari beberapa orang bahwa rute Singapore ke Malaysia bisa ditempuh dengan jalur darat (bus) yang harganya tidak mahal, maka rute pun diperpanjang menuju Kuala Lumpur :)
      Kemudian, kenapa harus lewat Jogja? Hehe ini juga salah satu tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan budget yang sesuai. Karena saat muncul tiket promo di AirAsia, harganya lebih murah jika berangkat lewat Jogja ke SG dibanding dari Surabaya. Bahkan setelah ditambah dengan biaya naik kereta atau bis dari Surabaya-Jogja, tetap lebih murah.
So, readers....... jangan mudah menyerah saat mencari tiket di website ya !! Tidak ada salahnya mencari rute dari kota atau negara lain untuk transit, apalagi jika waktunya available, anggap saja sekalian melihat-lihat kota/negara tersebut.
      Bagi yang berminat dengan contoh itinerary yang kami buat, bisa email disini, nanti akan kukirimkan filenya :)
Detail perjalanan akan kutulis di artikel berikutnya....

See yaaa ^^









1 comment:

  1. Gift is not only talk about the price, but about remembering them when we far away..

    Aku suka statement itu :D heheheh~ sharing yg bagus bangeeet~ jadi kepingin traveling jugak heheeh~

    ReplyDelete